Friday 4 April 2014

Memilih Jilbab Pashmina


Gue bukan ahli fashion, cuma pengen sharing aja buat temen-temen hijabers, mungkin ada yg pernah punya pengalaman kayak gue. Beli jilbab baru yg warna dan motifnya ok, tapi pas dipake kok kurang bagus yaaaa. Akhirnya jadi jarang dipake deh, lebih sering mojok di lemari.

Nah karena gue udh beberapa kali mengalami, akhirnya gue sekarang udah bisa milih jilbab yang kira-kira bakal kepake, bukan jadi penghuni lemari doang. Jadi ternyata milih jilbab itu juga ada triknya biar gak jadi pemborosan. 

Kalau berdasarkan pengalaman, pada akhirnya yang akan sering gue pake itu adalah jilbab-jilbab yang gue sukai aja. Jilbab favorit. Dan biasanya jilbab favorit itu adalah yang bikin gue merasa percaya diri kalo makenya. #Halah. Padahal dimata orang lain biasa aja sih hehehe. 

Kenapa gue percaya diri? Biasanya karna jilbabnya nyaman, nggak cepat berantakan, dan kalo dipake juga kelihatan cantik. Cieee.... Nah gue punya tips untuk memilih jilbab yang seperti itu, terutama yang model selendang/pashmina.

Jadi kalo gue ni ya, beberapa hal yang gue pertimbangkan dalam memilih pashmina itu adalah:

1. WARNA
Kenali warna kulit wajah. Cari warna jilbab yang cocok dan bikin wajah keliatan lebih cerah.

warna lembut bikin wajah keliatan bersih

Kalo gue, ada beberapa warna yang gak cocok buat gue. Misalnya: warna gelap. Kalo gue pake jilbab warna gelap entah kenapa ya, gue ngerasa muka gue keliatan lelah, nggak segar. Walaupun itu cuma perasaan gue dan (sekali lagi) dimata orang lain biasa aja, hal itu tetap ngaruh loh terhadap suasana hati. Kalo pake warna gelap itu kesannya gak gue banget. Makanya gue lebih suka warna soft atau warna cerah sekalian. Yg pasti jarang banget pake warna gelap kayak marun, item, biru donker.


Coba deh kalo ada waktu ngaca-ngaca gitu pake jilbab beberapa warna dan diliat mana yang bikin kita keliatan lebih segar. Atau kalo nggak sempat ngaca, coba liat dari koleksi foto selfie, foto pake jilbab warna apa yang keliatan lebih bagus. 




2. MOTIF

pashmina motif
Selain jilbab polos, gue juga suka yang bermotif. Tapi pilih2 motif juga perlu nih. 
Kalo gue, karna muka gue kecil, gue jarang pake motif yang besar sekaligus ramai. Jadi biasanya kalau pengen yang bermotif besar, ya gue pilih yang gambarnya jarang, gak terlalu rapet biar muka gue yang kecil ini gak keberatan ama motif pashminanya. Tapi kalo pengen yang agak ramai atau rapet, baru gue pilih yang motifnya kecil-kecil. Jadi salah satu aja. Gue gak mau muka jadi tenggelam di tengah keramaian motif jilbab gue. Heheheh.

Dan satu lagi, gak semua orang cocok  menggunakan motif yang sejenis. Jadi pilihlah motif yang sesuai dengan wajah dan kepribadian kita , dan cocok dengan baju yang dipakai pastinya.





3. BAHAN

Nah ini nih. Buat gue ini penting penting penting banget. Biar motif dan warna udah ok banget, kalo bahannya gak mendukung, ya udah deh. Mungkin bakal jarang dipake juga.

Kenapa bahan itu penting? Karena dari bahanlah yang menentukan seperti apa bentuk jilbab itu di wajah kita. Dan tiap orang nggak sama loh maunya. Kalo ini tergantung selera dan tergantung model jilbabnya juga. Jadi dalam memilih bahan ini nggak bisa disamaratakan.

Ada orang yang seneng jilbab yang bahannya agak tebel dan sedikit kaku. Karna kalo dipake bentuknya tetap nempel rapi dan nggak lari kemana-mana.

Gak beraturan hehehe
Ada juga yang suka model messy, walaupun agak nggak beraturan tapi kesannya lembut.
Nah kebetulan gue yang kedua. Gue suka gaya yang agak messy gitu. Gak beraturan dan gak harus sama kanan dan kiri. Mungkin sesuai ama kepribadian gue yang agak gak beraturan juga kali ya hihihi.



Yang pasti sih untuk mendapatkan gaya messy yang manis ada 3 hal yang gue perhatiin. Bahannya harus lembut,  jatoh dan nggak licin. Jatoh itu maksudnya berat. Bukan berarti tebel loh ya. Ada yang lembut tapi ringan, jadi kalo dipake malah mengembang. Ada juga yang tipis tapi nggak lembut. Malah kaku jadinya pas dipake. Nah ada juga yang lembut tapi licin, kadang suka geser sendiri ke kanan dan ke kiri. Nah gue nggak suka yang seperti itu. Gue sukanya yang lembut dan jatoh dan nggak licin. Kalo bahannya udah memenuhi 3 syarat itu, tanpa digayain macem-macem, cuma diputerin aja udah bagus kok jadinya. 

 Tapi kenapa kadang kita salah beli ya, keliatannya lembut tapi pas dipake kok kaku, atau mengembang? Karena gue pernah mengalami seperti itu, jadi sekarang tiap beli jilbab gue pegang dan rasain bener-bener bahannya. Bukan asal liat bahan dan lebih fokus ke motif. Karna biasanya kalo kita udah naksir motifnya, kita lupa merhatiin bahannya. Itu yang kadang bikin salah beli. Dan satu lagi biasanya gue cobain. Hehe. Bukan dicoba serius tapi taro aja di kepala dan biarkan samping kanan dan kirinya jatoh di pinggir wajah dan menutupi telinga. Dari situ keliatan kok bahannya emang bagus atau mengembang atau malah kaku. Nah kalo udah keliatan bagus baru deh gue beli.

Tapi itu kan untuk gaya yang messy. Kalo gaya lain beda juga milih bahannya.
 

turban dari pashmina bahan kaos
Misalnya turban. Nah kalo mau pake turban, supaya turbannya bentuknya bagus, jangan pilih bahan yang tipis dan terlalu lembut, karena turbannya malah jadi kempes dan nggak bervolume. Dan pastinya jangan yang licin karena bisa kebongkar turbannya. Bahan kaos juga ok dipake untuk gaya turban. Tapi jangan terlalu tebal juga, karna bahan yang terlalu tebal akan membuat turban kelihatan lebih besar.
 Intinya bahan harus disesuaikan dengan gaya jilbab yang kita pake. Bahan yang bagus dipakai dengan gaya yang satu belum tentu cocok diterapkan untuk gaya lainnya.

Nah begitulah biasanya cara gue milih jilbab pashmina. Kali aja pengalaman gue ini berguna buat teman-teman hijabers, terutama yang pemula.




Abis ini sih pengennya posting tentang tempat belanja jilbab favorit gue: Thamrin City. Murah, meriah, komplit. Tapi nanti aja ya. Udah ngantuk nih. Hehe.








 

3 comments:

  1. Thamcit tempat blanja favorit gue jugaaaaaaaaaaa.. ^O^
    Gue pernah tuh dua kali salah beli jilbab gara-gara kepincut motifnya. Akhirnya sekarang ya kayak gitu, dicoba pake dulu, baru mutusin beli atau enggak.
    Eh iya lho, gue juga gk pantes deh kalo pake warna gelap. Langsung kliatan kusem. Kalo pake yang cerah kayak kuning atau oranye, jadi kliatan pucet. Padahal gue suka yang terang-terang. Jadi terpaksa pake warna salem, padahal gk terlalu suka, hehehe..

    ReplyDelete
  2. yoiii Della, Thamrin City mau cari kayak apa juga ada hehe..
    warna soft sekarang udh lucu2 kan. dan netral juga kalo dipasangin ama baju apa aja,
    coba coklat muda deh. yg baby banget tapi coklatnya. kalo diliat biasa aja tapi kalo dipake bagus kok #sok tau.... :D

    ReplyDelete
  3. ah... baca ini jadi pengen berhijab....

    ReplyDelete