Saturday 23 June 2012

Jadi Ibu itu Sesuatu

Buat gue, menjadi ibu adalah salah satu pengalaman yang paling menakjubkan. Walaupun itu dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu, tetap gue aku masih belajar dan belajar. Benar-benar proses belajar yang tiada akhir. Setiap fase memberi pelajaran baru dan kebahagiaan baru. Sejak jadi ibu, gue jadi sering merhatiin ibu-ibu lain. Gue perhatiin di lingkungan teman-teman dan kenalan, walaupun dengan latar belakang keluarga, pendidikan, dan profesi yang berbeda, baik lulusan SD, SMA, Sarjana, dan baik dia ibu rumah tangga, pekerja, atau pengusaha , ada beberapa kesamaan yang umum di antara para wanita yang menjadi ibu :

1. Multi Talenta dan Multi Tasking: Memiliki banyak keahlian tanpa ada yang ngajarin.

Ibu-ibu yang anda kenal sekarang mungkin dulunya adalah gadis yang manja, atau gadis yang biasa-biasa aja. Yang pasti nggak semua ibu berasal dari gadis serba bisa. Tiba-tiba aja begitu jadi ibu, eng ing eeng…… mendadak menjadi wanita serba bisa. Pertama-tama pastinya menjadi ahli mengurus bayi, padahal sebelumnya belum pernah pegang bayi. Terus berlanjut deh keahliannya: jadi pinter ngurus balita, ngurus sekolah, ngerjain PR, menggambar, mewarnai, menyanyi, ngatur menu masakan, ngerti masalah nutrisi, bisa ngurus rumah, ngurus suami, cari duit juga, ngatur keuangan juga, pintar belanja, jago berhemat, mikirin hal-hal rutin tiap bulan kayak bayar listrik, bayar telpon, bayar sekolah, bayar tukang sampah, mikirin ini itu dari hal-hal kecil sampe hal besar. Pokoknya semua bisa diurusin ama si ibu. Dan kadang-kadang hal-hal yang banyak itu dilakukan disaat yang bersamaan. Misalnya: sambil ngegiling baju di mesin cuci, sambil nyuapin anak n sambil ngecek orderan di toko online. Pokoknya jadi multi tasking woman banget. Pastinya dulu waktu di sekolah gak ada tuh yang ngajarin bagaimana memanage segitu banyak kerjaan, dan semua beres pada waktunya….

Begitu juga keahlian bergaul. Yang tadinya waktu masih gadis males basa basi, pemalu, mendadak jadi luwes, percaya diri, bisa masuk sana sini. Ngobrol ama tetangga, keluarga, ama tukang sayur,ama sesama orang tua murid, juga ama gurunya anak-anak demi memfollow up kemajuan anak di sekolah. Bahkan ada ibu-ibu yang demi anak siap bertanya ke tetangga mengenai lowongan kerja…… sementara anaknya sendiri masih gengsi atau malu buat nanya sendiri. Jadilah si ibu di barisan terdepan untuk urusan pergaulan di lingkungan sekitar. Dan kepercayaan diri setelah menjadi ibu itu terjadi secara alami loh, jarang kan ngeliat ibu-ibu yang malu-malu atau nggak pede?

2. Memiliki Kekuatan dan Keberanian yang sebelumnya gak ada

Wew, dulu waktu gadis gak pernah kuat ngangkat yang berat-berat. Giliran udah jadi ibu bisa gendong anak yang sakit semalam suntuk. Bener kan? Misalnya: kalo anak lagi pilek dan hidungnya mampet, kalo dibaringkan di tempat tidur pasti bangun dan bangun lagi. Biasanya biar si anak tidurnya pules, harus digendong agak berdiri dan disenderin ke dada ibu biar gak mampet. Jadi tidurnya sambil digendong deh. Yang ada ibunya gak tidur semalam, kadang duduk, kadang berdiri sambil ngantuk-ngantuk. Soalnya si anak kalo ditaro bangun. Kalo yang digendong balita ya beratnya lumayan…. 10 kiloan lebih ada lah…….. tapi kuat aja tuh ibunya….. Dan paginya masih bisa tetap beraktifitas seperti biasa.
Juga ibu-ibu yang punya bayi, wow kuat aja harus melek semalaman tiap malam, padahal fisik masih lemah tuh abis melahirkan. Alhamdulillah ya sehat-sehat aja, biar capek tapi senang…. Bener-bener keajaiban ya jadi ibu itu….

Ada lagi, biasanya waktu masih gadis paling jijik liat yang kotor-kotor dan bau, tapi setelah jadi ibu, udah gak sempat mikirin jijik segala. Kalo anak buang air kecil, buang air besar, muntah, si ibu pasti langsung turun tangan nggak pake ba-bi-bu, bersihin sampe tuntas tas tas. Gak ada tuh ibu-ibu yang kalo anaknya muntah atau BAB trus ibunya langsung menghindar.

Begitu juga ama binatang-binatang kecil kayak kecoa. Biasanya kan gadis-gadis takut tuh ama kecoak. Kalo ada kecoak biasanya langsung lompat sambil teriak. Nah setelah jadi ibu, nggak tau deh hilang kemana tuh rasa takutnya. Coba aja bayangin kalo lagi asik-asik main trus anaknya berteriak-teriak karna ada kecoak. Gak mungkin ibunya juga ikut lompat dan teriak sambil meluk anaknya. Yang ada si ibu dengan perkasa langsung ambil sapu dan mengusir tu kecoak biar si anak nggak takut. Begitulah insting ibu yang selalu ingin melindung anaknya.

Satu contoh lagi, kalo ada anak atau anggota keluarga lagi sakit (apalagi masuk rumah sakit), keluar deh semua kekuatan si ibu yang mengagumkan ini, gak cuma kekuatan fisik, tapi mental juga loh. Seorang ibu bisa menunggui si sakit bermalam-malam, dengan sabar, tanpa mengeluh, meladeni sambil terus berdoa agar anaknya (atau mungkin suaminya) yang sakit itu cepat sembuh . Super kan?

3. Jadi Tahan Banting

Ada juga ibu-ibu yang mungkin waktu mudanya sensitif, gak bisa salah dikit trus ngambek. Nah setelah jadi ibu, ngambek tu udah nggak penting lagi. Kalo kesal gak pernah diliatin di depan anak-anak, begitu juga kalo lagi banyak pikiran atau lagi sedih, ibu-ibu biasanya pintar menyembunyikan suasana hatinya dibalik senyuman, agar selalu terlihat gembira dan penuh semangat. Ibu nggak mau merusak mood anak. Bayangin kalo ibunya galau gak jelas, anak mau berangkat sekolah juga gak semangat, karena mood ibu berpengaruh besar terhadap suasana rumah. Ibu kan mataharinya rumah. Kalau mataharinya gak bersinar, rumah jadi suram…………..

Trus kalo ibu-ibu lagi capek atau sakit biasanya gak mau diliatin, ibu gak suka mengeluh apalagi sampe kedengaran oleh anak, takutnya nanti malah jadi pikiran si anak. Ibu harus selalu sehat (atau terlihat sehat). Karena sekali lagi, ibu adalah mataharinya rumah, sumber energi buat suami dan anak-anak. Kalau si ibu sakit,……… anggota keluarga yang lain juga nggak bergairah. Jadi jangan heran kalo ngeliat ibu-ibu yang gesit banget, kayak nggak pernah capek. Memang sebenarnya ibu-ibu itu udah membuang kata capek dari kamusnya.
Pokoknya kalo dah jadi ibu, semua kemanjaan waktu masih gadis hilang entah kemana. Si gadis manja telah menjelma menjadi seorang wanita mandiri yang bisa melakukan segalanya……..

4. Jadi Cerewet

Haha ini umum banget, pastinya ini termasuk gue. Gue dulu juga nggak bawel kok sebelum punya anak. Tapi semakin kesini, anak-anak makin besar, gue semakin cecet cowet.  Hehe. Ada aja yang kutegor  tiap saat.
“Handuk taro tempatnya”
“Pakaian kotor beresin”
“Rambut disisir”
“Udah mandi belom?”
“Udah makan buah belom?”
Hmmm masih banyak pertanyaan lain yang anak gue kayaknya males malesan kalo jawab.
Nah ini juga kejadian dengan ibu-ibu lainnya. Sebenarnya, ibu-ibu cerewet itu ada tiga alasan, yaitu: CINTA, CINTA, dan CINTA. Mungkin sekarang anak-anak belum mengerti dan gak ngerasa kalo cerewet itu tanda cinta , tapi gue yakin suatu hari nanti mereka akan bilang
“Nyokap gue cerewet banget…………. Tapi itu karena dia sayang ama gue”

No comments:

Post a Comment