Saturday 20 October 2012

Rumus 212: Cara Gampang Bikin Kopi Krim Buat Newbie

Dulu, gue paling gak bisa bikin kopi. Tiap kali bikin, pasti rasanya aneh. Kalo nggak keenceran, kurang manis, kurang berasa kopinya, pokoknya NGGAK ENAK. NGGAK PAS. Biasanya, kalo udah gitu gue tambah-tambahin lagi deh tu. Tambah kopi dikit, tambah krim dikit, tambah gula dikit. Rasanya? Makin nggak keruan. Makanya gue dulu jarang minum kopi. Kalau lagi ngantuk di kantor, biasanya gue beli kopi sachetan yang tinggal tambah aer.

Sampai suatu hari di pantry kantor gue dikasi tau tipsnya oleh Kul kul (mirip nama sebenarnya), seorang teman yang pencinta kopi. Kami sering ketemu tiap pagi di pantry pada saat gue bikin teh manis dan dia bikin kopi. Biasanya gue gak terlalu merhatiin apa yang dilakukannya, tapi hari itu gue terkagum kagum melihat gesitnya dia membuat kopi. Tangannya bergerak mantap, tanpa ragu menyendok kopi, gula, dan kirm. Set Set Seeeet! Beda ama gue yang biasanya bikin kopi sambil mikir. Nggak nyampe lima menit kopinya udah jadi. Warnanya coklat cantik, wanginya kemana-mana. Karena penasaran, gue mulai nanya-nanya.

“Gue kok kalo bikin kopi nggak pernah enak ya?”

“Wah, lo salah komposisi tuh. Kalo gue bikin kopi, komposisinya satu kopi, dua gula, dan dua krim. Itu sih gue ya.”

“Maksudnya?”

“Misalnya lo mau bikin ni segelas kecil ini,” Dia menunjukkan cangkir kopinya, cangkir bergagang satu ukuran standar yang biasa dipake buat tamu. “Kopinya satu sendok kecil, berarti gulanya dua sendok kecil, dan krimnya juga dua sendok kecil. Kalo kopinya lebih banyak, ukuran gula dan krimnya juga ngikut dengan komposisi tetap sepeti itu. Misalnya lo mau bikin di gelas gede, trus kopinya dua sendok kecil, berarti gula dan krimnya empat sendok kecil. Intinya ukuran gula dan krim harus dua kali ukuran kopinya.

“Oh gitu?”

“Iya. Dan satu lagi yang penting, airnya harus pas. Nih kayak di gelas ini, dengan komposisi yang tadi, lo jangan kasih aer sampe penuh. Cukup tiga perempatnya aja. Kalo aernya penuh, kopinya jadi keenceran, nggak bakal enak.

Gue manggut manggut lalu langsung mempraktekkan tips tadi dengan ditungguin ama Kulkul. Gue ambil cangkir kecil. Lalu menyendok kopi instan satu sendok kecil, gula dua sendok kecil, krim dua sendok kecil. Trus tuang air panas tiga perempat gelas. Aduk-aduk sebentar. Lalu gue cicipin.
Eng Ing Eng……. Wow! Nikmat banget….. Rasanya PAS. Nggak nyangka akhirnya gue sukses juga bikin kopi instant yang enak. Haha….. Thanks to Kul kul yang udah membagi rahasianya….

Dan sejak saat itu gue gak pernah gagal lagi bikin kopi instant. Walaupun gue bikin di gelas gede dan kopinya lebih banyak, dengan komposisi yang sama, rasa kopinya tetap sama. Pokoknya tiap kali gue bikin kopi krim, pasti enak. Wkwkwk sombong….. Biar gampang ngingetnya dan gampang ngajarin temen temen lain, aku menamakan rumus ini 212. (Dua gula, satu kopi, dua krim). . Udah banyak teman-teman yang aku share rumus ini, dan rata-rata sukses. Ternyata bikin kopi krim itu gampang hehehe………

Jadi kalau ada pembaca blog ini yang kebetulan seperti gue dulu, nggak pernah pas tiap kali bikin kopi. Mungkin anda perlu mencoba rumus 212 ini. Siapa tau berhasil….. :)

3 comments: